Kamis, 22 Maret 2018

Prodi Teknik Konversi Energi Lakukan Re-Akreditasi

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mendapat kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka proses reakreditasi program studi (prodi) D3 Teknik Konversi Energi Jurusan Teknik Mesin. BAN-PT yang diwakili oleh Dr. Ir. Era Purwanto, M. Eng., dan Dr. I Ketut Eddy Purnama, ST., M. Kom., melakukan visitasi ke kampus I PNUP dalam bentuk asesmen lapangan  pada Rabu (21/3). Asesmen lapangan merupakan salah satu tahap yang harus dipenuhi untuk proses akreditasi sebuah prodi.

Dalam sambutannya saat menerima tim BAN-PT, Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., menyampaikan bahwa asesmen lapangan menjadi salah satu tahap sangat penting sebab akan dilakukan sejumlah kegiatan seperti verifikasi, validasi, dan melengkapi data serta informasi yang disajikan dalam borang, serta melakukan penilaian lapangan di prodi yang  bersangkutan. Untuk itu, ia mengingatkan agar semua data atau informasi pendukung borang beserta bukti lainnya untuk kepentingan asesmen lapangan dapat diperlihatkan dengan lengkap.

Ditambahkan lagi bahwa melalui reakreditasi dapat memberikan jaminan kepada masyarakat luas yang terdiri dari berbagai elemen bahwa program studi yang  telah diakreditasi mampu memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT yang sesuai dengan ketentuan akreditasi bagi perguruan tinggi dan program studi sebagaimana tercantum dalam Undang-undang No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Nilai akreditasi yang dikeluarkan BAN-PT dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan itu.

Fokus evaluasi dan penilaian selama dua hari yang dilakukan oleh tim asesor terletak pada standar dan elemen penilaian/parameter berupa evaluasi-diri dan borang prodi dengan mengacu pada beberapa poin standar penilaian seperti mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, dan lain-lain. Seluruh sivitas akademika prodi Teknik Konversi Energi PNUP berharap agar reakreditasi ini nantinya dapat memperoleh nilai A dimana sebelumnya masih berada di nilai B.